Rabu, 30 Desember 2020

Guru Semakin Enggan Menulis

GURU MUDA -Tantangan baru lagi baru guru untuk terus meng-upgrade diri memberikan pembelajaran yang mudah dicerna oleh murid.




Kondisi kegiatan pembelajaran secara daring, mau tidak mau guru yang yang hanya menggunakan smartphone hanya sebagai konsumtif saja. Kini banyak guru yang memanfaatkan youtube, google classroom sebagai media pembelajarannya.


Guru Jadi Tambah 'Hoream" untuk Menulis


Bagi guru blogger, guru yang senang menulis di blog. Memberikan materi pelajaran sudah sejak dulu memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran.


Dengan skill menulis, guru yang terbiasa menulis begitu sangat mudah untuk membuat satu blog. Bahkan puluhan blog sekalipun.


Tapi tidak dengan guru yang tidak 'memaksa' untuk menulis di blog. Banyak alasan kenapa guru tidak ngeblog. Itu kembali kepada pilihannya masing-masing.


Sekarang, Youtube lebih asyik untuk berbagi informasi ketimbang dengan tulisan. Sebabnya, hanya sedikit orang yang terbiasa menulis, istiqomah menulis dan menulis sebagai gaya hidup.


Mending Youtube, hanya upload video saja, langsung bisa diakses oleh ratusan orang, ribuan, bahkan bisa viral yang ditonton dengan jutaan orang.


Maka, tak aneh jika guru semakin enggan saja menulis.


Bahkan banyak yang dulunya blogger, pindah haluan menjadi Youtuber.


Menjadikan YouTube Sebagai Media Pembelajaran


Skill guru disamping mengajar, ada juga talenta yang dimiliki oleh setiap gurunya. Karena guru sudah terbiasa berbicara di depan para murid, maka Youtube bisa dijadikan sebagai lahan anyar untuk berbagi ilmu.


Kenapa harus Youtube?


Sekarang, orang lebih memilih menonton daripada membaca. Karena banyaknya fitur media yang bisa dipakai. Audio visual, video, dll.


Dengan menggunakan aplikasi Ms. Powerpoint pun, guru bisa memanfaatkan sebagai bahan ajar yang bisa diupload di Youtube.


channel guru muda

Jika Guru semakin enggan menulis, jangan sampai enggan membagikan ilmu di Youtube.


Salam Pembelajar yang Tak Pernah Pintar.