Sabtu, 08 Desember 2018

SIKURMA, Sistem Informasi Kurikulum Madrasah Aplikasi Raport Digital 2018

GURUMUDA.WEB.ID Sistem Informasi KUrikulum MAdrasah atau disingkat SIKURMA adalah sebuah aplikasi raport 2018 yang dikelurkan oleh Kementerian Agama (KEMENAG) hadir dengn tujuan untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat.



Melihat sangat pentingnya aplikasi ini, Kemeang melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) berusaha untuk menjadikan Madrasah yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu. 

Pada zaman internet yang semakin global dan masif seperti sekarang ini, Dirjen Pendis siap menghadapi generasi digital, dimana tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Apalagi respon msyarakat kepada pendidikan di bawah Kemenag semakin baik dimata publik.

Untuk itulah Kemenag meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia yang disebut dengan SIKURMA.

Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD) ini, diharapkan Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Sehingga kecepatan penyebaran informasi melalui internet terutama bagi siswa Madrasah bisa mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, mendhuukan perkara yang lebih penting daripada yang penting.


Aplikasi Raport Digital adalah Hak Rakyat


Aplikasi Raport Digital ini ditujukan untuk untuk melayani msyarakat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat itu sendiri. Dimana Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. 

Di sisi lain, ARD merupakan langkah inovasi supaya lembaga berbasis Madrasah semakin kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Sehingga ke depan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, serta Madrasah kedepan turut serta dalam pelaksanaan e-Government dan Clean Government. 


Cara Downoad Aplikasi SIKURMA


Aplikasi SIKURMA dikhususkan untuk lembaga berbasis madrasah untuk jenjang RA, MI, MTs dan MA. Cukup mudah bagaimana cara mendownload aplikasi ini.

Untuk mendownload Aplikasi Raport Digital ini, Anda bisa mengunjungi situs :i http://sikurma.kemenag.go.id/ard/


Anda juga bisa mengakses lewat halaman website langsung tanpa disuguhi daftar tampilan menu sesuai jenjang. Caranya yaitu dengan mengakses melalui link di bawah ini :

Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang RA 
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MI 
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MTs
Aplikasi Raport Digital (ARD) Jenjang MA 

Pastikan username dan passwordnya jangan sampai lupa.

Silahkan dicoba untuk logi ke Aplikasi Raport Digital dan cari tahu bagaimana sistem pendataannya. Jika sudah mengetahuinya anda bisa menyiapkan file dokumen untuk memasukkan nilai Raport ke dalam Aplikasi Raport Digital ( ARD ).



Cara Daftar dan Login Aplikasi Raport Digital ARD Madrasahku


Pertama, silahkan kamu kunjungi link berikut ini http://sikurma.kemenag.go.id/ard/
Kedua, silakan pilih jenjang mana yang akan Anda isi raportnya, mulai dari RA, MI, MTs Dan MA




Ketiga, Download terlebih dahulu Apliksi SIKURMA
Keempat, Anda diminta untuk mengisi/memasukkan user

Catatan: 
USER: NSM Madrasah masing-masing
Password: nama penggun

Anda juga bisa melihat Hasil Seleksi Bank Madrasah  di SINI

Semoga bermanfaat


Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon