Jumat, 16 November 2018

√ Tips Cara Memilih Domain Brandable adalah Gunakan Nama Domain yang Unik

GURUMUDA.WEB.ID - Kebanyakan blogger yang baru terjun ngeblog, tidak merasa penting dengan domain. Karena tidak begitu paham manfaatnya domain untuk jangka panjang. Beberapa hari yang lalu, mahasantri (mahasiswa yang juga santri) saya menghubungi saya untuk minta diajarkan membuat blog. Saya ajarkan step by step, mulai dari kira-kira mau menulis apa di blognya nanti. “Pengen apa aja, A. Yang penting saya nulis.”


Saya menyarankan lebih baik menulis di blog seputar teknologi informatika saja. Alasannya, karena dia adalah mahasiswa sekolah tinggi teknologi yang ada di Garut. Dia mengiyakan, lalu dengan semangat memulainya.

“Jangan tanggung-tanggung, kalo bisa setelah buat blognya, itu juga kalo kamu punya duit sekalian aja beli domainnya,” saran saya.

“Apa itu domain, A?”

“Seperti www.gurumuda.web.id” jawab saya.

Ternyata masih banyak orang-orang di sekitar kita yang melek internet, tapi tidak begitu banyak mencari informasi dan menggunakan internet secara sehat. Seperti pengalaman di atas. Maka, inilah pentingnya memberikan edukasi.

Berikut yang saya berikan informasikan kepada mahasantri bahwa domain adalah ibarat kampus kuliah, hosting adalah kelasnya. Yang dimana pada kampus itu ada ruang kelas. Nah, tiap ruang belajar itulah yang disebut Hosting.

Sementara Domain ibarat alamat untuk menuju ke kampus. Dengan alamat kampus yang jelas, mahsiswa akan dibimbing untuk menuju ke kampus dengan ruang belajarmasing-masing. Yang mana semuanya tersebut berdiri di suatu bangunan kampus, dinamakanlah website atau blog.
Saya pun menyarankan mahasantri saya ini untuk cerdas memilih dan menggunakan domain serta tempat penyedia providernya.

√ 1. Gunakan nama domain yang pendek, Jangan Terlalu Panjang


Nama domain bukanlah nama alamat lengkap rumah, sekolah, kampus yang rinci dengan nama jalannya. Domain haruslah singkat. Karena nama domain yang singkat akan diingat. Seperti nama domain gurumuda.web.id ini. Disarankan 1-2 kata saja. Maksimal, kalaupun domain ada yang punya maksimal 3 kata. Itu pun tetap harus pendek. Misalnya, “guru muda” ini 2 kata, puisigurumuda.blogspot.com, ini ada 3 kata.

√ 2. Mudah Diingat Gampang Diketik dan UNIK


Setelah nama domain kita pendek, pastikan juga nama domain kita mudah diingat, mudah dihafal. Karena pengunjung blog sebelum pergi dan terdampar di blog kita, mereka mencari informasi di Google Pencarian. Nah, biasanya mereka akan mampir kembali ketika artikelnya bermanfaat. Dan akan menyimpan di memori otaknya apa nama domainnya. Maka, jika nama domain mudah diingat, menjadi keuntungan bagi pemilik blognya.

Tidak hanya itu, pastikan juga nama domain kita gampang diketik. Jangan yang aneh-aneh dengan kata yang kurang familiar, bahkan memakai simbol atau angka. Kecuali memang angka tersebut sudah familiar seperti angka 99. Justru jika nama domain memakai angka, akan ribet dihafal, diingat bagi pembaca.

Jika nama domain mudah diingat, mudah diketik, pastikan juga harus unik. Karena unik membedakan antara milik kita dengan orang lain. Keunikan pula yang mengingatkan dalam memori bawah sadar pengunjung blog.

√ 3. Pakai Nama Anda atau Branding Anda Sendiri


Saya pernah mengadakan sedikit polling di media sosial. Dari kebanyakan jawabannya adalah Guru Muda. Sudah dipastikan bahwa brand Guru Muda tersematkan di pribadi saya. Karena berkat penamaan dari domain blog gurumuda.web.id ini.

Kalau sulit dengan branding Anda sendiri, sederhana saja, pakai nama Anda sendiri. Seperti yuronfauzi.blogspot.com.

Dan ini diebut juga dengan brandable, yaitu nami yang unik dan menarik. Karena dengan brandable bukan saja nama domain kita diingat, melainkan juga disukai.

√  4. Lebih Baik Gunakan Domain dengan .COM atau .NET


Orang akan mengingat alamat domain yang berakhiran .COM atau .NET. Karena extensi ini sangat familiar di jagat dunia maya. Dan tentunya lebih profesional ketimbang extensi lainnya.

Kenapa alamat domain Guru Muda memakai .web.id?

Hehehe...

Setelah saya mencari dan mengecek nama domain berakhiran .COM dan .NET, ternyata sudah dimiliki oleh orang lain. Maka, saya pun mencari ekstensi lain. Beruntung extensi .web.id masih bisa digunakan. Maka, blog tercinta gurumuda.web.id inilah yang menjadi pilihannya selama dari tahun 2016.

Extensi .web.id adalah ccTLD,  singkatan dari Country Code Top Level Domain, dimana ccLD ini aadalah sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk Negara tertentu.

√  5. Memilih Jasa Penyedia Domain Terpercaya

Terakhir dari cara memilih domain yang brandable adalah kita memilih provider, tempat penyedia layanana jasa pembelian domain hosting yang terpercaya. Karena dimana kita akan mendaftarkna nama domain pun adalah perkara yang sangat penting. Jangan sebatas terpicu karena promo yang murah, apalagi dibatasi hanya beberapa bulan saja.

Jika tidak terpercaya, maka jangan aneh jika nama domain kita akan hilang. Seperti salah satu domain saya yang hangus, tidak bisa diperpanjang. Karena promonya hanya setahun saja.

Maka, pastikan Anda harus cerdas memilih tempat penyedia domain & host terbaik dan terpercaya.

Kesimpulan:
Nama domain sebuah website atau blog dianggap penting jika kita tahu apa manfaatnya.Apalagi jika domain untuk jangka panjang sebagai investasi. Karena semakin lama umur domain tersebut hidup, maka akan mendapatkan reputasi yang besar pula dengan nilai Domain Authority (DA) yang besar. Biasanya, kualitas suatu blog atau website juga dinilai dari berapa lamanya domain tersebut hidup.

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon