Kamis, 15 November 2018

√ 5 Jenis Cara Memperingati Hari Guru, Mulai dari Upacara sampai Kartu Ucapan

GURUMUDA.WEB.ID - Hari Guru Naional diperingati setiap tanggal 25 November. Ini menunjukkan pemberian penghargaan kepada pahlawan guru tanpa tanda jasa ini. Guru yang digugu dan ditiru menjadi profesi yang dahulu dipinggirkan, sekarang menjadi profesi yang begitu banyak. 

Meskipun menjadi guru honorer sekalipun. Guru formal yang hanya diberi honorarium tidak sesuai dengan pekerjaan mulia mereka. Termasuk guru yang ingin upgrade menjadi guru PNS.


Terlepas dari semua itu, prinsip dan tujuan tipa orang beda-beda. Ada yang keukeuh pengin menjadi guru PNS selepas lulus kuliah. Ada pula yang hanya ingin mengajar saja, tanpa fokus menjadi guru PNS. Termasuk saya.


Meskipun Ayah saya pensiunan guru yang PNS, namun saya tidak tertarik untuk menjadi guru PNS. Ikut sertifikasi saja tidak. Kenapa? Memegang prinsip pribadi. Cukuplah saya menjadi guru yang mengajar dan mendidik. Tanpa harus ikut-ikutan seperti yang lain.


Status menjadi guru pun sebetulnya sangatlah berat. Karena sebagian besar pokok kesuksesan anak didik, ada pada guru itu sendiri. Guru yang mengantarkan muridnya untuk meraih cita-citanya.
Saya guru, pernah menjadi murid. Adakalanya saya ingin memberikan penghargaan kepada, entah berupa ucapan selamat hari guru, kado, atau memberikan kejutan untuk menyenangkan hati mereka.


Pada tahun ini, saya menulis dan memberikan kepada khalayak 5 Jenis Cara Memperingati Hari Guru, Mulai dari upacara sampai dengan membuat Kartu Ucapan. Dari Guru Muda untuk Seluruh Guru Indonesia.


√ Upacara Hari Guru Nasional

Upacara  adalah salah satu rangkaian acara dan cara untuk memperingati Hari Guru Nasional. Secara formal, organisasi guru terbesar seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Guru ini. 

√ Lomba Menulis Surat/Puisi untuk Guru


Sekolah, organisasi atau siapapun yang mempunyai perhatian lebih di dunia pendidikan. Khususnya perhatian kepada guru, alangkah lebh baiknya jika mengadakan lomba menulis surat atau puisi yang ditujukan kepada guru.

√  Lomba Menulis Cerpen Hari Guru Nasional 

 Lomba menulis cerpen di hari guru nasional tentunya dengan tema pendidikan bisa menjadi alternatif untuk memperingati hari guru nasional 2018 ini.

√ Penghargaan untuk Guru Berprestasi yang Kreatif dan Inovatif

Ini yang ditunggu-tunggu bagi sebgian guru. Yaitu penghargaan kepada guru berprestasi dengan penilaian yang sangat ketat. Termasuk inovasi pembelajaran apa yang sudah dilakukan selama mengajar.

√ Kartu Ucapan Selamat Hari Guru


Untuk membuat kartu ucapan hari guru itu sangat simpel, bahasanya pun mudah. Bisa disesuaikan dengan bahasa daerah masing-masing. Termasuk membuat kartu ucapan hari guru dalam bahasa Inggris. Membuat kartu ucapan hari guru secara manual bisa dari karton, kertas lipat, atau kertas HVS. 


Adapun ucapan selamat hari guru yang Guru Muda buat adalah dengan Software pembuat desain grafis seperti Photoshop. Seperti 4 contoh desain kartu ucapan hari guru di bawah ini:


Contoh ucapan hari guru yang menyentuh hati
"Jika engkau ingin meraih keberkahan ilmu. Maka, selalu do'akan orang yang menjadi wasilah/perantara ilmu, yang sampai kepadamu." (Guru Muda)




Antara Orangtua dan Guru

 
"Ketika orang tua lebih mendidik urusan duniamu. Guru mencoba mengantarkanmu bukan saja untuk kebahagiaan dunia, melainkan untuk akhiratmu." (Guru Muda)



"ilmu bermanfaat itu bukan saja bisa mentransfer ilmu ke orang lain. Ilmu nafi' ketika ada perubahan diri kita dari yang buruk menjadi baik." Berubah itu susah, tapi harus ada usaha. (Guru Muda) #gurumuda


Apapun ilmunya, tetep harus punya guru. Ilmu dunia sekalipun. Semoga ilmu dunia bisa manfaat buat akherat. Bukan ilmu akherat yang dimanfaatin buat dunia. #gurumuda


"Menjadi GURU bukanlah impian dan hasil mimpi. Ini keputusan dan kepastian-Nya. Karena Allah tak pernah punya rencana." #gurumuda


Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon