Senin, 27 Agustus 2018

GURUMUDAMEDIA: Channel Pendidikan di YouTube Sebagai Media Pembelajaran

GURUMUDA.WEB.ID - Youtube merupakan situs yang memungkinkan pengguna internet untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. terpopuler yang menjadi konsumsi pengguna internet. Jutaan video tersebar di YouTube dengan konten yang beraneka ragam pula. 

Namun, sayang untuk Channel Pendidikan yang dibuat oleh guru masih jarang ditemukan. Padahal YouTube bisa dijadikan sebagai media pembelajaran.


Yang disayangkan, ketika kita search di pencarian YouTube dengan “Channel Pendidikan”, yang muncul bukanlah channel/saluran yang kita inginkan.




Nah, dengan alasan itulah, Guru Muda mencoba menyajikan konten video yang fun, edukatif yang dikemas dengan menghibur. Semoga keberadaan channel pendidikan GURU MUDA MEDIA menjadi ladang berbagi seputar dunia pendidikan sehari-hari.



Ada konten apa saja di channel pendidikan GURUMUDAMEDIA?


1. TUGAS ONLINE


Ya. Seperti video pertama di GURUMUDA MEDIA, video tersebut adalah tugas online Menghafal Kosakata dengan 3 bahasa, yaitu: Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. 


Pada video ini bukan tugas yang saya berikan, namun saya hanya membantu wali kelas 2B di MI IQRO. Saya kumpulkan video tersebut menjadi satu.


Kalau penasaran, sila bisa di lihat di channel GURU MUDA MEDIA dengan judul “Nandito - Shafira - Isma | PINTAR LUCU Tugas Online Menghafal Kosakata 3 Bahasa Kelas 2B MI IQRO”

2.    TUTORIAL PEMBELAJARAN EDUKATIF
Selain tugas online, di channel pendidikan ini akan diisi juga konten yang masih mendidik, yaitu tutorial pembelajaran dengan sedikit keahlian yang saya miliki.



6 Keunggulan YouTube sebagai Media Pembelajaran:


  1. Potensial.yaitu youtube merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value terhadap education/pendidikan.
  2. Praktis yaitu youtube mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk siswa dan guru.
  3. Informatif yaitu youtube memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pendidikan, teknologi, kebudayaan, dll
  4. Interaktif yaitu youtube memfasilitasi kita untuk berdiskusi ataupun melakukan tanya jawab bahkan mereview sebuah video pembelajaran.
  5. Sheareable yaitu youtube memiliki fasilitas link HTML, Embed kode video pembelajaran yang dapat di share di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan juga blog/website.
  6. Ekonomis yaitu youtube gratis untuk semua kalangan. (Sukani/guraru.org)
Mari jadikan YouTube sebagai media pembelajaran dengan berisi konten-konten yang mendidik.

1 comments

Mantap kang ustaz master, guguru ah

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon