Senin, 30 Oktober 2017

Inilah Caranya Biar Guru Dikangenin Siswa

GURUMUDA.WEB.ID - Salah satu faktor penunjang siswa memahami pelajaran adalah siswa senang, enjoy dulu sama guru mata pelajaran (mapel) tersebut. Mau pelajaran Matematika sekalipun yang kebanyakan siswa ‘kurang suka’ sama pelajaran yang satu ini, tapi jika gurunya dikangenin siswa, maka biasanya siswa akan mudah dan berusaha untuk memahami pelajaran angka itu.


Dikangein Siswa, siapa yang nggak mau?

Termasuk saya dan juga Anda guru-guru yang siap naik kelas menjadi seorang pembelajar. Guru yang tak merasa puas dengan ilmu yang dimiliknya saat ini, tetapi guru yang terus mengupgrade keilmuan dan wawasannya. 

Masalah yang sering dihadapi guru, bagaimana caranya pelajaran yang kita sampaikan mudah diterima dan dipahami oleh anak-anak. Padahal cara penyampaian saat menerangkan pelajaran sangat maksimal.

Pernahkah Anda bertanya sama siswa, “kangen nggak sama Bapak?” , “kangen nggak sama Ibu?”

Tahadduts bi ni’mah, saya termasuk guru yang selalu minta kritik dan saran dari orang lain, termasuk dari anak-anak. Setidaknya ada masukan ketika kita anggap itu benar, padahal bisa jadi itu adalah kesalahan fatal. Jadi terbuka kepada siswa adalah perkara yang sudah seharusnya dilakukan guru, bertanya apakah mereka kangen sama kita atau nggak.

Jika tidak ada jawaban, apalagi ada beberapa dari mereka yang berbisik menandakan mereka nggak “ngeuh” bahkan paling parah mereka benar-benar nggak kangen sama kehadiran kita. Ini menjadi maslah buat kita selaku guru. Dan ini mesti dicarikan solusinya. 

Dengan cara apa?

Yang saya lakukan adalah pertama mencoba untuk memahami letak kesalahan saya. Tidak serta merta kita menyalahkan mereka gegara mereka tidak kangen sama kita.

Kedua, perlakukan mereka benar-benar menjadi anak kita, seperti anak kandung. Tentu ada pembatasan yang berlaku. 

Ketiga, ajak mereka berunding saat ada ada masalah di kelas. Mencari solusinya.

Keempat, perbaiki cara mengajar kita. Karena anak-anak menilai guru tidak hanya di dalam kelas saja. Tetapi, saat di luar kelas mereka terus memantau apakah kita layak menjadi guru sekaligs orang tua bagi mereka.

Setidaknya ada 4 Cara Biar Guru Dikangenin Siswa yang bisa saya bagikan.
Semoga bermanfaat.

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon