Selasa, 18 April 2017

Garut Gila Marawis. Jumlah Grup Marawis Terbanyak

GURUMUDA.WEB.ID - Suasana Garut di Bulan Rajab ini memang sangat berbeda dari biasanya. Rajab membawa keberkahannya bagi siapa saja yang meyakininya. Ya. Peringatan Isra wal Mi'raj menjadi agenda tahunan bagi para penggerak, pendakwah, pengiring, dan orang-orang sebagai pelaku kebaikan. 

Tak terkecuali bulan Rajab ini. Dengan seantero kegiatan mulai dari yang sederhana sampai acara mengundang pejabat. Bahkan yang agak "memaksa" calon bupati yang ingin ikut berkumpul atas nama silaturahmi.

Garut Memang Gila. Salah satu kegilaanya adalah masyarakat dari tiap-tiap daerah atau kecamatan mengadakan festival marawis. Ini terlihat mulai bulan Maret yang lalu. Bisa jadi festival marawis akan berlanjut sampai bulan Ramdhan/Juni 2017.

Tahu sendiri, Marawis di Kabupaten Garut sangat membanggakan. Kurang lebih ada sekitar 500-an grup marawis dari  42 kecamatan ini. Belum lagi grup marawis dari pelosok yang belum tercatat oleh Ikatan Hadroh Marawis Garut atau IHMAGA.

Gilanya lagi, Anak-anak TK pun sudah lihai memainkan alat perkusi kolaborasi kesenian Timur Tengah dan Betawi ini. Karena biasanya grup marawis didominasi oleh orang-orang remaja dan dewasa, tapi tidak dengan grup marawis di Garut. 
Grup Marawis yang didominasi oleh anak-anak TK. dokpri

Bangga. Bersyukur. Dari sepak terjak IHMAGA yang saya tahu, sepak terjangnya membendung seni budaya barat harus didukung oleh semua pihak, termasuk oleh pemerintah. Bagaimana mereka blusukan ke daerah-daerah, melakukan sosialisasi, pembinaan, perekrutan, dan lainnya.

Festival Marawis di Bayongbong. dokpri

Semoga kegilaannya mengadakan festival marawis dilandasi dengan niat baik, keikhlasan dan yang paling penting "ngahiap" masyarakat dengan cara yang baik.

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon