Selasa, 01 November 2016

Hemat 40 Milyar, Ridwan Kamil Luncurkan Edubox Smart School

Kembali Walikota Bandung, Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil melakukan inovasi baru di dunia pendidikan. Baru-baru ini (1/11/2016) Kang Emil meluncurkan aplikasi bernama Edubox Smart School. Dengan mengandalkan sistem internet internal.

Dengan aplikasi Edubox Smart School tersebut membuat belajar mengajar lebih menyenangkan. Pun akan mempermudah penilaian guru kepada siswa.


Siswi sedang menggunakan Aplikasi Edubox Smart School. Sumber: https://www.instagram.com/ridwankamil/

Berikut Keuntungan Edubox Smart School:

1. Hemat Sampai 40 Milyar

Keuntungan Edubox Smart School bisa menghemat anggaran negara sampai 30 milyar.
"Keuntungannya banyak, menghemat Rp 40 miliar per tahun dari biaya ujian yang sifatnya dengan kertas. Ujian sekarang bisa dengan Handphone kira-kira begitu. Yang tidak punya smartphone nanti ujiannya di laboratorium menggunakan komputer yang disediakan sekolah. Tapi, 90 % menurut penelitian rata-rata sudah punya smartphone sehingga ujiannya bisa di situ," ucapnya.

2. Guru Tidak Perlu Memeriksa Hasil Ujian

Di sisi lain, guru sangat diuntungkan dengan sistem aplikasi ini. Guru tidak perlu lagi memeriksa kertas hasil ujian yang jumlahnya puluhan, bahkan ratusan.

"Dengan cara ini, guru juga bisa punya setengah juta soal ujian. Saking banyaknya maka tiap anak ujiannya beda-beda. Sehingga tidak ada lagi yang bisa mencontek, hasil ujiannya langsung diketahui. Jadi guru tidak perlu lagi memeriksa kertas ujian yang jumlahnya puluhan, ratusan," terangnya.

3. Ditransfer Jadi E-Book

Dengan Edubox, siswa juga tidak perlu buku-buku dan tidak perlu photocopy bahan pelajaran. "Semua bahan ajar pelan-pelan ditransfer menjadi e-book. Jadi anak-anak juga bisa baca di situ," tandas Kang Emil.

4. Siswa Bolos? Bakal Ketauan

Dengan sistem  Edubox Smart School, para siswa tidak bisa lagi bolos karena ada aplikasi khusus pendeteksi siswa yang mabal (kabur/bolos). Karena GPS yang ada pada ponsel smartphone teregistrasi di sistem sekolah.

5. Dijamin Nggak Ada Contek Mencontek 

Bukan hanya siswa bakaketahuan bolos, aplikasi baru ini juga akan mendeteksi siswa yang berusaha menyontek. Karena soal ujiannya akan dilakukan secara digital. Dan soalnya pun berbeda-beda.

6. Tidak Mengandalkan Internet Luar

Edubox sistem internet internal. Jadi tidak mengandalkan jaringan internet luar.

Sayangnya, gebrakan Kang Emil dengan Aplikasi Edubox Smart School ini masih terbatas. Baru 25 sekolah di Bandung yang dijadikan pilot project, dengan tujuan bisa mengubah kualitas pendidikan di Bandung.
Semoga kota-kota lain di Indonesia ikut merasakan kemanfaat dari Aplikasi Edubox Smart School ini.

Video lengkapnya bisa dicek di


* dari berbagai sumber


Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon