4 Alasan Kenapa Harus Mengikuti GEG

Ketika mendengar atau membaca kata “GOOGLE“, kebanyakan terbesit dengan Google sebagai tempat pencarian informasi. Faktanya, banyak sekali aplikasi yang dilahirkan Google. Salah satunya adalah Google Education Group atau disingkat GEG.

Bagi Google, inspirasi terbaik bagi para guru atau pengajar adalah guru lainnya. Dengan alasan inilah, maka Google membantu para guru membuat sebuah komunitas bagi para guru untuk menghadirkan kemanfaatan IT di sekolah, kelas, dan masyarakat seluruh dunia.

GEG sendiri merupakan platform yang dikhususkan bagi para guru untuk berkolaborasi dengan guru lain. Sedapat mungkin dari hasil kolaborasi tersebut setiap guru bisa mengambil ide kreatif baru dari guru lainnya. Pun ini sebagai langkah solutif untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Aktivitas GEG?

Ada 2 aktivitas yang bisa dilakukan ketika guru memakai aplikasi GEG ini: Online dan Offline
Bedanya, jika GEG Online memberi ruang bagi pengajar untuk berdiskusi bersama dan mempelajari satu sama lain dengan menggunakan Google+.
Sedangkan  GEG Offline mengadakan acara atau seminar secara lokal, sebagai sarana untuk belajar /berbagi secara langsung.

4 Alasan Kenapa Harus Mengikuti GEG?

Di atas sudah dibahas tentang aktivitas GEG, yaitu bisa dilakukan secara Online maupun Offline. Nah, ini ada 4 alasan kenapa Guru harus ikut gabung di GEG:

Pertama, Seminar GEG
 
Ini merupakan seminar selama satu hari bagi guru yang ingin datang dan mempelajari dasar-dasar penggunaan IT untuk pendidikan. Leader GEG dapat memilih untuk mengajarkan dasar-dasar penggunaan alat Google; Gmail, Drive, Google+, YouTube, dan lainnya.
 
Kedua, Piknik GEG 
 
Piknik GEG merupakan pertemuan yang dilakukan setelah kegiatan pulang sekolah. Dengan konsep menyenangkan dan bisa menjadi acara pertama yang menarik. Piknik GEG biasanya diadakan dalam suasana santai, dengan tujuan untuk menyampaikan ide seputar GEG dan mendapatkan masukan dari komunitas para guru.

Ketiga, Pertemuan Trainer GEG

Pertemuan Trainer GEG dilakukan secara interaktif. Lebih sering diadakan pada malam hari ini. Pembicara menyampaikan suatu topik tertentu dan memfasilitasi diskusi interaktif sehingga anggota lainnya dapat mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman.

Keempat, Pertemuan Hangout GEG 

Pertemuan Hangout menggunakan teknologi Google+ Hangouts untuk menyatukan pengajar dari berbagai lokasi secara online, guna berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai alat EdTech dan topik lainnya.

Saya ikut bangga dengan GEG Garut, karena berhasil 10 Besar Komunitas GEG Se-Asia Pasific

Leave a Comment

%d bloggers like this: