Selasa, 30 Mei 2017

Materi Pelajaran Pesantren Kilat Ramadhan untuk Anak Santri

GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, kita sudah menikmati Bulan Ramadhan yang berkah ini. Upaya untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini sudah dipersiapkan. Termasuk materi pelajarannya untuk pesantren ramadhan.

Pun dengan saya, saat ini saya sudah mempersiapkan materi pelajaran untuk pesantren kilat ramadhan yang diselenggarakan setahun sekali ini.


Ada beberapa materi pelajaran yang wajib dalam materi pelajaran Pesantren Ramadhan, diantaranya:

1. Pelajaran Akhlaq
Tak bisa dipungkiri, pendidikan katakter yang terus digembos-gembosan pemerintah dengan kurikulum terbarukan, tetap saja harus mengakui dengan pola pembelajaran di pesantren. Cara Pesantren mendidik santri untuk bisa mandiri bukan hanya ucapan tanpa kerja yang nyata. Sosok Kyai yang kharismatik mendidik dengan telaten bagaimana supaya mempunyai murid tak hanya pintar mengaji, teteapi juga bagus dalam berakhlaq.

Maka, pesantren kilat ramadhan diharapkan orang tua menjadi solusi tepat untuk membantu pengembangan karakter anak. Meskipun tidak akan full.

Namun setidaknya ada bekas dan bekal di memori anak bagaimana cara beretika/adab. Memiliki akhlak yang mamdudah (baik).

Baca: Kapan Santri Harus Berdakwah

2. Pelajaran Fiqih Dasar

Selain pelajaran Akhlaq, untuk materi pesantren ramadhan selanjutnya yaitu pelajaran Fiqih.

Dengan pelajaran Fiqih, anak akan belajar dasar seputar Rukun Islam, Rukun Iman, Ciri-ciri Baligh, Fardhu Wudhu, Shalat, Bab Puasa, Haji dan materi ibadah lainnya.

Dengan Fiqih ini anak tidak hanya dengan teori saja, melainkan bisa sekaligus dengan praktik ibadah.

3. Materi Tauhid untuk Anak

Jika pesantren kilat ramadhan dilaksanakan di kampung seperti yang saya lakukan, Nadzoman Aqoid sifat wajib dua puluh menjadi pelajaran wajib.

Anak-anak sangat mudah menangkap ilmu dengan lagu, salah satunya dengan nadzom yang biasa di pesantren atau madrasah.

Wujud Qidam Baqo
Mukholafatu Lil hawaditsi

Materi tidak hanya dengan metoda lagu, tapi juga bisa dengan outing class/belajar di luar kelas. Dengan mengajak anak santri di seputar lingkungan pesantren atau madrasah.

Ada juga pelajaran yang tak kalah penting untuk Materi Pelajaran Pesantren Kilat Ramadhan untuk Anak Santri, yaitu belajar Memanah.

Ya. Belajar memanah sebagai pengenalan kepada anak santri bahwa olahraga yang satu ini adalah yang disunahkan. Olahraga yang diperintahkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, selain berkuda dan berenang.

Jika Anda memetik manfaat dari blog Guru Muda ini, segera BAGIKAN kepada anggota keluarga, sahabat Anda.
Agar mereka juga mendapat manfaat yang sama.

Silakan berkomentar!!!
Namun, komentar singkat 1-3 kata, seperti, "Nice, Bagus, Keren, Mantap" mohon maaf saya hapus.

Hatur nuhun.
EmoticonEmoticon